Kumpulan Berita Terbaru, yang Aneh dan Lucu
Loading...

Tips Aman Belanja Online

News-Item - Belanja merupakan kegiatan yang kerap dilakukan pada pengujung tahun, mengingat banyak momen istimewa pada waktu tersebut, seperti Natal dan liburan akhir tahun. Transaksi secara online pun diperkirakan juga ikut menanjak.

Namun berbeda dengan berbelanja secara konvensional, konsumen diharapkan ekstra teliti dan waspada saat melakukan pembelian secara online, mengingat pertumbuhan malware tahun ini begitu gencar dan semakin kompleks. Untuk para online shopper, Trend Micro memberikan sejumlah tip online shopping secara aman agar konsumen dapat terhindar dari kejahatan dunia maya.
Bookmark laman belanja resmi yang dapat dipercaya. Alamat situs resmi dapat dicatat dari iklan mereka di media atau informasi terpercaya lainnya. Akses laman belanja dari bookmark tersebut dan hindari menggunakan mesin pencari untuk menemukan situs tersebut. “Ini meminimalisir kemungkinan Anda tertipu dengan situs jahat jika mencarinya melalui search engine,” ujar Trend Micro dalam rilis resminya, Jumat, 25 November 2011.

• Hati-hati dengan kiriman penawaran barang dan diskon besar melalui e-mail. Tiga dari empat e-mail spam seperti ini membawa link palsu dan attachment yang berisi program yang dapat membuat komputer konsumen bermasalah.

• Jika menemukan penawaran yang tidak masuk akal melalui pesan pendek, surat elektronik, Facebook, atau Twitter, cek kembali sebelum mengklik link yang tertera.

• Periksa kembali laman pembayarannya. Jika pembayaran dilakukan melalui pihak ketiga, seperti eBay atau PayPal, pastikan Anda berada pada alamat yang benar. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda tidak menjadi korban pencurian data kartu kredit. Laman belanja yang menggunakan sistem transfer atau pembayaran langsung (cash on delivery) merupakan pilihan yang lebih baik.

• Instal software keamanan yang bisa memblokir malware dan dapat memastikan pengguna membuka situs yang aman. (Sumber: Tempo.co)

0 Response to "Tips Aman Belanja Online"

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Tips Aman Belanja Online" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode