Kumpulan Berita Terbaru, yang Aneh dan Lucu
Loading...

Mengapa FB TimeLine Belum Berubah pada 31 Januari ? Lalu Kapan Sebenarnya ?

Pertanyaan ini tentu saja penting bagi pembaca beberapa artikel saya tentang, Facebook TimeLine Telah Berlaku Secara Global! Manfaatkan Sisa Waktu 7 Hari Untuk Mengatur Privasi, dan beberapa tulisan berikutnya mengenai TimeLine.
Kebetulun juga, saya mendapat pertanyaan dari beberapa teman tentang hal ini, karena mereka benar-benar belum mengalami perubahan sejak 31 Januari 2012, ada baiknya saya coba menjelaskan sesuai dengan pemahaman dan pengalaman saya pribadi.
Untuk menjawab hal ini saya berikan dulu link pengumuman Facebook melalui official blog dengan judul Timeline: Now Available Worldwide, yang ditulis pertama kali pada tanggal 15 Desember 2011, dan kemudian diupdate pada tanggal 24 Januari 2012. Dalam update terakhir disebutkan bahwa “Over the next few weeks, everyone will get timeline. When you get timeline, you’ll have 7 days to preview what’s there now. This gives you a chance to add or hide whatever you want before anyone else sees it”
Jika diterjemahkan bebas, mungkin mengandung arti “Selama beberapa minggu berikutnya [1], setiap orang akan mendapatkan timeline. Ketika Anda mendapatkan TimeLine, Anda memiliki (waktu) 7 hari [2] untuk melihat apa yang ada sekarang. Ini memberi Anda kesempatan untuk menambah atau menyembunyikan apapun yang Anda inginkan sebelum orang lain melihatnya.”
Kemudian pada tulisan saya sebelumnya, saya menulis bahwa “tampilan baru tersebut akan dimulai pada pada 31 Januari 2012 [3]. Artinya semua pengguna  tidak dapat lagi menghindari perubahan tampilan Facebook mereka saat ini menjadi Facebook TimeLine. Namun demikian Facebook  tidak langsung merubah tampilan Facebook, anda diberikan waktu selama seminggu (sejak hari ini) [4] untuk mengatur privasi anda. Anda dapat melihat pesan tersebut saat  membuka Facebook saat ini [5].”
Apa yang saya tulis pada dasarnya dimulai dari pengalaman pribadi sebelumnya dan juga beberapa referensi lainya sejak 9 Desember 2011 dan khususnya untuk tanggal 15 Desember 2011 dan 24 Januari 2012.
Kronologis
Pada tanggal 9 Desember 2011, melalui tulisan yang berjudul “Segera Edit Facebook Anda, Sebelum “Ditelanjangi” oleh FB “Timeline” !” serta ulasan ulang melalui tulisan ini, saya menceritakan kronologis perubahan Profile  saya menjadi Timeline, di situ saya tulisankan “Selang sebulan lebih, yaitu pada tanggal 9 Desember 2011, pada saat membuka Facebook saya kaget melihat perubahan yang terjadi, tampilan Facebook saya kembali lagi ke tampilan Facebook TimeLine. Karena agak kecewa, saya kemudian mengirimkan complain melalui Facebook. Kemudian mengikuti forum diskusi di Facebook perihal TimeLine. Pada saat itu banyak orang yang “mengumpat”  Facebook, namun tidak satupun digubris termasuk complain saya”. Perubahan yang dilakukan Facebook ini tanpa pemberitahuan, atau otomatis [6]. Ternyata bukan saya saja yang mengalami hal ini tetapi ratusan pengguna lain juga mengalami hal yang sama, bisa dilihat di sini
Pada tulisan yang sama, saya juga menjelaskan bahwa pada saat itu (9 Desember 2011) Timeline baru berlaku di Selandia Baru. Karena tidak tinggal di New Zealand, saya mencari refrensi, apakah kejadianya sama dengan apa yang saya alami. Oleh karena itu saya mendapatkan beberapa refrensi salah satunya berjudul pushing out Timeline in New Zealand dan forum diskusi facebook di sini. Saya mendapat jawaban bahwa ada  yang mengalami perubahan otomatis [7], namun ada juga yang diminta untuk mendapatkanya melalui   Get TimeLine [8] atau pada pesan evaluasi 7 hari pada saat login Facebook [9]
Pada tanggal 15 Desember 2011, melalui Official Blog Facebook dengan tulisan Timeline: Now Available Worldwide. Kembali lagi saya melihat berbagai refrensi dan ikut menyimak diskusi melalui berbagai forum termasuk Facebook Page I hate FB Timeline, and want to disable it ASAP . Dengan pertanyaan yang sama pada saat berlaku di Selandia baru, saya mendapatkan jawaban yang sama [7], [8] dan [9].
Pada tanggal 24 Januari 2012, melalui Official Blog Facebook dengan tulisan Timeline: Now Available Worldwide yang sudah di update (lihat [1] dan [2]), kemudian saya mencari referensi lain kapan saatnya Timeline berlaku. Karena berdasarkan pengalaman [6], [7], [8] dan [9], Facebook dapat melakukan perubahan seperti kejadian yang sama. Perhitungan Mulai 31 Desember 2012 berdasarkan tulisan saya [3] adalah berdasarkan perhitungan minggu pertama atas pernyataan “beberapa minggu berikutnya” (7 hari + tanggal 24 Januari), maka perubahan tersebut sudah mulai berlaku pada tanggal 31 Dsember 2012.
Sesuai pengalaman dan referensi di atas, memang benar terjadi,  ada  yang mengalami perubahan otomatis [7], namun ada juga yang diminta untuk mendapatkanya melalui   Get TimeLine [8] atau pada pesan evaluasi 7 hari pada saat login Facebook [9] bahkan ada yang mengalaminya mulai tanggal 24 Januari 2012.
Dan mengenai asumsi beberapa pengguna telah mendapat pesan update Timline [4]/[2]/[5], juga didasari atas pengalaman saya dengan 2 akun lainya, berbagai tanggapan melalui forum diskusi Timeline dan juga  Facebook Page I hate FB Timeline, and want to disable it ASAP. Juga melalui tulisan yang berjudul Facebook’s New “Timeline” Interface Rolls Out to All Users Starting Today, Prepare for the Complaints, pada tanggal 24 Januari yang lalu.
Namun dalam kenyataanya, saya tidak bisa menutup mata, bahwa banyak juga pengguna Facebook belum mengalami perubahan sejak 31 Desember 2012.  Walau demikian, saya tetap meyakini, sejak 31 Desember 2012 hingga minggu-minggu berikutnya, Facebook akan melakukan perubahan baik melalui pesan khusus maupun secara otomatis. Hal ini juga ditulis oleh berbagai pengamat media sosial pada tanggal 24 Januari 2012 seperti di sini, di sini, di sini, di sini, di sini, di sini dan lain sebagainya.
Mengenai tanggal berlakunya secara ’serentak’ saya tidak bisa menjamin pasti akan ’serentak’ namun secara bertahap seperti yang dilakukan Facebook untuk New Zeland dan USA sebelum disediakan untuk seluruh dunia pada tanggal 15 Desember 2011 yang lalu. Dan apabila ada yang bertanya, kapan dimulai ? Jawaban saya  bahkan sejak 9 Desember 2011 sudah dimulai, hanya saja jenis perubahannya seperti  [7], [8] dan [9]. Dan apabila kemudian ada perkirakan waktu tercepatnya adalah 31 Januari 2012, ini hanya perhitungan minggu pertama sejak tanggal pengumuman. Yang pasti, semua orang telah bersiap diri dengan perubahan tersebut, seperti berita time, pada tanggal 2 Februari 2012 kemarin, yang berjudul Facebook’s Timeline Is Here. Everybody Panic!.
Mungkinkah penundaan atau perubahan bertahap ini berdasarkan masalah internal atau respon pengguna seperti “Poll: Over 50 percent of users are worried about Facebook Timeline” ? Saya tidak tahu, yang pasti sejak adanya Timeline jumlah pengguna Facebook terus bertambah hingga 845 juta per 2 Februari 2012 kemarin, dan juga Timeline telah menjadi isu penting dalam penawaran umum harga saham perdana facebook yang sejak minggu-minggu kemarin sudah mulai marak.
Kalau Facebook anda belum berubah, ini hanya masalah waktu saja. Seperti yang telah saya tunggu-tunggu sejak 9 Desember 2011 yang lalu, dimana Profile saya ‘dipaksa’ berubah secara otomatis oleh Facebook dan tidak bisa dikembalikan lagi ke tampilan lama. Sebelum pengalaman saya terjadi pada anda, saya tetap sarankan untuk melakukan pengaturan privasi. Bagi yang ingin terus melanjutkan perubahan pada settingan privacy silahkan anda lanjutkan, disaat TimeLine hal hadir anda sudah siap denngan pengamanan privasi. Kalau yang ingin cepat tampil saat ini silahkan click di sini

source : http://teknologi.kompasiana.com/internet/2012/02/03/mengapa-fb-timeline-belum-berubah-pada-31-januari-lalu-kapan-sebenarnya/

0 Response to "Mengapa FB TimeLine Belum Berubah pada 31 Januari ? Lalu Kapan Sebenarnya ?"

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Mengapa FB TimeLine Belum Berubah pada 31 Januari ? Lalu Kapan Sebenarnya ?" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode